Home > Kesehatan > Pelancar ASI Alami Berbasis Sayur

Pelancar ASI Alami Berbasis Sayur

ASI eksklusif untuk kesehatan bayi

ASI merupakan makanan terbaik bagi buah hati Anda, apalagi untuk bayi usia 0 hingga 6 bulan. ASI mengandung formula terbaik yang berperan penting untuk perkembangan dan pertumbuhan anak Anda. Di Indonesia, sangat dianjurkan agar bayi diberikan ASI eksklusif sejak hari pertama kelahiran. Beberapa masalah terkait produksi ASI yang berkurang atau tidak mencukupi mungkin akan Anda alami. Saat inilah mungkin Anda akan membutuhkan peran pelancar ASI alami yang dapat membantu kelancaran produksi ASI Anda. beberapa pelancar ASI alami yang berasal dari sayuran diantaranya :

Daun bayam

Daun bayam memiliki kandungan zat besi yang tinggi, kalsium dan asam folat. Zat besi yang tinggi akan membantu memulihkan keadaan ibu yang mengalami anemia. Selain itu daun bayam mengandung zat detoksifikasi yang dapat membantu mencegah kanker payudara pada ibu.

Labu siam

Labu siam memiliki kandungan nutrisi dan kadar air yang tinggi. Mengkonsumsi labu siam dapat membuat ibu terhidrasi dengan baik dan meningkatkan jumlah produksi ASI. Jus labu juga bermanfaat untuk membantu menormalkan kadar gula darah ibu pasca melahirkan.

Daun katuk

Daun katuk memiliki kandungan galactogogue yang dapat meningkatkan produksi ASI ibu. Selain galactogogue, daun katuk juga memiliki kandungan lain diantaranya protein, lemak, vitamin A, karbohidrat, kalsium hingga zat besi. Daun katuk juga memiliki fungsi sebagai sumber antioksidan.

Asparagus

Asparagus memiliki berbagai kandungan yang mendukung untuk digunakan sebagai pelancar ASI alami. Asparagus merupakan salah satu makanan yang memiliki serat yang tinggi dan kandungan vitamin A dan K. Asparagus juga dapat menstimulasi hormon pada ibu menyusui.

Daun basil

Daun basil merupakan salah satu sumber antioksidan. Selain itu daun basil memiliki efek menenangkan yang membantu ibu menyusui dengan rileks sehingga dapat berfungsi sebagai pelancar ASI alami. Daun basil dapat Anda tambahkan ke dalam the Anda atau merendamnya sebentar di air panas dan diminum pada pagi hari. Selain berfungsi sebagai booster ASI, daun basil juga memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan buah hati, lho.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *