Home > Furnitur > Alasan memilih kursi rotan untuk teras rumah

Alasan memilih kursi rotan untuk teras rumah

kursi teras rotan sintetis murah

Seiring perkembangan zaman, saat ini semakin banyak muncul perumahan modern dengan berbagai bentuk dan desain yang menarik. Tak jarang para pengembang berlomba-lomba menghasilkan desain rumah yang minimalis namun fungsional agar target harga penjualan rumah yang terjangkau bisa tercapai. Untuk itu selain pemilihan bahan baku bangunan yang tepat, pemilihan desain interior dan pemilihan perabot rumah yang tepat menjadi salah satu faktor pendukung tercapainya hal tersebut. Salah satu diantaranya adalah penggunaan rotan untuk berbagai perabot rumah tangga.

Sudah sejak lama orang mengenal rotan sebagai perabot rumah tangga. Beragam barang dapat dibuat dari rotan, diantaranya meja, kursi, keranjang, lemari, kap lampu sampai vas bunga, dan masih banyak lagi. Rotan dipilih karena dapat memberikan kesan klasik dan natural, terutama untuk desain-desain rumah yang ingin menonjolkan suasana alam. Warna rotan yang cenderung cerah mendukung suasana rumah yang lebih ceria dan santai. Selain itu bahan rotan terkenal lebih murah dibanding harga bahan lain seperti kayu jati, kayu mahoni, kayu cedar, kayu pinus dan jenis kayu lain yang biasa digunakan untuk membuat furniture.

Salah satu perabot yang sering kita temui berbahan rotan adalah kursi rotan untuk teras. Kursi berbahan rotan dapat dibuat dari dua jenis rotan yakni rotan alami dan rotan sintetis. Rotan sintetik baru muncul belakangan setelah semakin banyaknya tuntutan akan permintaan rotan alami namun sumber daya alamnya semakin terbatas. Rotan sintetis sendiri dapat dibedakan atas dua material baku, yakni yang berjenis polyethylene (PE) dan jenis yang satu lagi disebut sebagai polyvinyl chloride (PVC). Perbedaannya untuk polyethylene  lebih aman daripada PVC. Karena pada PVC akan mengeluarkan zat beracun melalui asap, saat terbakar. Memang biaya produksi rotan berbahan PVC lebih murah dibanding polyethylene sehingga harga jualnya pun lebih murah dibandingkan rotan sintetis yang lain.

Secara harga kursi yang terbuat dari rotan sintetis umumnya lebih mahal dibanding yang terbuat dari rotan alami, karena selain ringan, kursi rotan sintetis dikenal lebih tahan terhadap cuaca ekstrim dibanding kursi rotan alami. Jika Anda menginginkan menghias teras dengan rotan, lebih baik menggunakan kursi teras rotan sintetis murah.  Kursi rotan alami lebih rentan terhadap rayap dan pelapukan jika berada pada kondisi yang lembab dalam jangka panjang. Untuk itu di beberapa perumahan modern kursi rotan teras sintetis lebih banyak diminati dibanding kursi rotan teras alami.

Kelebihan kursi rotan sintetis lainnya adalah warna yang ditawarkan lebih beragam dibanding kursi rotan alami, selain itu bahan sintetis lebih mudah dibentuk dan dianyam karena memiliki tingkat elastisitas yang tinggi dibanding rotan berbahan alami. Perawatan kursi rotan juga tergolong mudah dimana jika terjadi kerusakan pada bagian tertentu, maka yang perlu diganti atau dianyam ulang hanya pada bagian yang rusak saja, tidak perlu melakukan penggantian secara keseluruhan. Dibandingkan ketika menggunakan kursi sofa dari kulit atau sejenisnya yang jika rusak maka perlu dilakukan penggantian secara keseluruhan.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *