Home > Percetakan > Tahap-Tahap Proses Percetakan Offset

Tahap-Tahap Proses Percetakan Offset

Ilustrasi buku-buku hasil percetakan offset

Percetakan offset merupakan teknik percetakan dengan memakai gambar bertinta, lalu ditransfer terlebih dulu dari plat ke dalam lembaran karet yang kemudian dicetak di permukaan media yang akan dicetak. Metode cetak offset printing ini umumya memakai pemuat image bertekstur rata yang mana, nantinya gambar yang dicetak akan mengambil tinta lewat penggulung kertas, sementara bagian yang tidak bisa mencetak menarik air, karena itu permukaannya pun tak akan terkena tinta.

Proses Pra Cetak Dalam Teknik Cetak Offset

Untuk memproduksi produk memakai teknik percetakan offset ini, terdapat beberapa tahapan proses yang wajib dilalui. Pada tahapan pertama atau tahapan pra-cetak sendiri mencakup persiapan repro film. Sesudah selesai desain dan siap untuk di output pembuatan film. Lalu tahap berikutnya sesudah film selesai, dilanjutkan dengan merekam plat. Adapun rekam plat di sini ialah hasil dari film repro akan direkam menggunakan teknik yang sama seperti fotokopi, pada sebuah materi yang berbentuk plat alumunium, dimana nantinya dipasang pada mesin cetak.

Lalu siapkan kertas yang diperlukan sesuai kebutuhan. Adapun proses pra-cetak terakhir ialah mempersiapkan berbagai macam warna tinta menyesuaikan kebutuhan, fountain, alkohol, dan lain sebagainya. Sesudah bahan-bahan tersebut disiapkan, selanjutnya menuju tahap percetakan.

Proses Cetak Offset Printing

Dalam proses mencetak ini, awalnya mempersiapkan plat yang sudah diaplikasikan desainnya dan dipasang pada mesin cetak. Di samping memasang plat ke dalam mesin, persiapkan pula bahan-bahan beserta peralatan lainnya berdasarkan kebutuhan dan fungsinya, seperti kertas dan tinta. Masing-masing disimpan pada tempatnya, lalu plat dipasang pada bagian atas roll yang terdapat di bawah mesin, sedangkan untuk kertas sendiri dipasang pada bagian bawah roll, sementara tinta dipasang di tempatnya sesuai warna yang diinginkan. Sesudah semuanya terpasang,  selanjutnya mesin siap dioperasikan.

Proses Finishing Offset Printing

Di tahap akhir percetakan offset, langkah awal yang harus dilakukan ialah potong kertas berdasarkan ukuran yang diperlukan atau cukup merapikan bagian pinggir kertasnya saja. Lalu bubuhi kertas menggunakan beberapa hiasan sesuai kebutuhan, seperti membubuhkan embossed yakni dengan menghiasi kertas memakai gambar timbul atau tulisan. Berikan lem atau perekat bila produk yang Anda buat berbentuk amplop. Lalu di laminating menggunakan plastik yang mengkilap atau dop/buram di bagian luarnya, sampai menimbulkan kesan estetis.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *