Home > Genset > Mengenal Jenis Genset Silent Berdasarkan Kapasitasnya

Mengenal Jenis Genset Silent Berdasarkan Kapasitasnya

Harga Genset

Saat akan menggunakan genset silent tentunya salah satu perhatian anda adalah menentukan berapa kapasitas daya yang dibutuhkan dari penggunaan genset tersebut. Maka anda juga perlu mengetahui dengan baik beberapa jenis genset berdasarkan kapasitas outputnya masing-masing. Sehingga akan lebih mudah bagi anda untuk menentukan kapasitas genset mana yang memang sesuai untuk diaplikasikan pada kebutuhan daya anda.

Limited Time Running Power

Kapasitas genset ini memiliki batasan maksimal daya output yang dihasilkan dalam kondisi tertentu adalah 500 jam setiap tahunnya. Tentunya bisa mencapai angka tersebut jika dilakukan proses pengoperasian dan perawatan secara tepat. Dengan begitu anda memang perlu mempertimbangkan dengan baik mengenai batas maksimal tersebut.

Continuous Power

Biasa disebut juga dengan COP adalah daya output yang bisa digunakan hingga 100% atau sepenuhnya tanpa terbatas waktu. Namun anda memiliki batasan 10% over load waktu 1 jam dalam periode penggunaan 12 jam. Penggunaan genset dengan kapasitas ini kebanyakan digunakan pada daerah yang memang belum memiliki aliran listrik atau sangat sering mengalami mati listrik di lokasi tersebut.

Prime Power

Genset dengan kapasitas daya prime power ini tidak memiliki batasan waktu hanya saja memiliki beban rata-rata 70% dari kapasitas maksimumnya. Jenis genset dengan kapasitas ini memang penggunaannya hampir sama dengan continuous power. Sehingga gensetnya memiliki ketahanan yang cukup optimal untuk digunakan dalam jangka waktu yang lebih lama. Hanya saja perbedaan diantara keduanya adalah beban atau penggunaan dayanya.

Standby Power

Output genset yang dikeluarkan sebesar 100% hanya bisa digunakan dalam jangka waktu 200 jam dalam setahun dan jangan sampai terjadi 10% over load. Penggunaannya memang lebih baik jika untuk beban yang ringan namun stabil jika ingin digunakan untuk jangka waktu yang lama atau terus menerus menyala. Namun dalam kondisi tersebut beban rata-rata yang bisa digunakan hanya 60% sehingga anda harus memperhatikan hal ini dengan baik untuk menjaga kualitas output genset tersebut tetap optimal. Sifat dari penggunaan genset ini hanya sebagai cadangan daya yang tidak digunakan terlalu lama atau sering, sehingga cocok diaplikasikan pada daerah yang memang sudah memiliki jaringan listrik PLN yang stabil.

Setiap jenis kapasitas genset bisa disesuaikan dengan kebutuhannya, tentu dengan tetap memperhatikan batasan maksimum yang bisa dicapai oleh genset tersebut. Sehingga anda harus mengenali dengan baik rekomendasi penggunaan dari masing-masing jenis kapasitas genset ini agar dapat diaplikasikan dalam jangka waktu penggunaan yang lama dan tetap optimal output daya yang dihasilkan. Lihat spesifikasi dari setiap kapasitas genset silent yang akan digunakan kemudian tinggal disesuaikan dengan jumlah kebutuhan daya yang diinginkan di daerah anda tergantung pada penggunaannya.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *