Home > Pendidikan > Cara Membuat Motivation Letter Untuk Essay Beasiswa

Cara Membuat Motivation Letter Untuk Essay Beasiswa

essay beasiswa kuliah

Motivation letter adalah surat yang dibuat untuk menunjukkan motivasi dan juga latar belakang Anda ketika melamar posisi tertentu di bidang akademik. Salah satu fungsinya adalah untuk mengajukan beasiswa. Sekilas terlihat mudah karena motivation letter isinya tidak panjang dan tidak rumit, namun tetap harus dibuat dengan benar dan bisa menyampaikan motivasi serta niat Anda agar bisa diterima menjadi bagian yang dilamar.Motivation letter yang bagus tentunya akan menarik perhatian dari pemberi beasiswa untuk memilih Anda sebagai orang yang pas untuk mengisi posisi tersebut. Cara membuat essay beasiswa hendaknya ada hal-hal yang harus ada pada motivation letter:

Identitas diri

Identitas pribadi tentunya penting untuk dicantumkan dalam motivation letter. Ceritakan sedikit mengenai diri Anda mulai dari nama, tempat tanggal lahir, dan juga latar belakang pendidikan terakhir. Anda juga bisa menyampaikan cita-cita Anda sebagai bagian dari motivasi Anda mengajukan permohonan misalnya untuk menjadi penerima beasiswa atau yang lainnya. Apa yang menjadi kelebihan dari diri Anda serta kekurangan juga penting.

Pengalaman atau prestasi

Ada banyak alasan lembaga atau seseorang memberikan beasiswa kepada orang lain. Salah satunya adalah karena ingin memberikan kemudahan finansial bagi pelajar berprestasi yang tidak memiliki kesempatan lebih menggali potensinya karena hambatan uang. Oleh karena itu dalam motivation letter Anda sertakan berbagai macam prestasi yang pernah Anda capai  baik dalam bidang akademik maupun non akademik untuk menambah kualifikasi Anda sebagai calon penerima beasiswa yang layak. Berbagai macam pengalaman dan prestasi membuat Anda menjadi pribadi yang suka dengan tantangan dan mencoba hal-hal baru. Ada juga dapat berdiskusi dengan orang yang lebih untuk mengetahui cara membuat essay beasiswa yang rapi dan menarik.

Alasan untuk mendaftar

Mengapa perekrut harus memilih Anda untuk mendapatkan apa yang ditawarkan? Misalnya dalam mendapatkan beasiswa Anda bisa menyatakan bahwa Anda punya rencana untuk mendalami ilmu dari jurusan perguruan tinggi yang Anda incar, bisa juga menyebutkan ada topik penelitian yang ingin Anda kerjakan dan membutuhkan dana. Anda juga bisa menyebutkan pengalaman yang ingin Anda dapatkan, masa depan yang Anda kejar ada hubungannya dengan pekerjaan yang dilamar, dan sebagainya.

 

Begitulah tips cara membuat essay beasiswa yang baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *